We make a life by what We give

We make a living by what We get…. We make a life by what We give… Let's give good things to people around us..

Minggu, 06 Mei 2018

MENJADI DIRI SENDIRI

Suatu ketika seorang raja berjalan-jalan di tamannya dan ia melihat pohon-pohon, tanaman dan bunga yang layu dan sekarat. Raja itu pun bingung dan oleh karenanya ia bertanya pada pohon dan tanaman itu: “Apa yang terjadi?”
Pohon jati berkata ia menjadi sekarat akibat dia tidak bisa bertumbuh setinggi pohon pinus. Setiap hari dia berusaha untuk bisa menjadi tinggi, akhirnya ia menjadi stress hingga sekarat.
Pohon Pinus berkata bahwa ia tumbang tertiup angin dan sekarat karena ia merasa hampa dan tidak berguna. Tidak seperti pohon anggur yang bisa berbuah dan berguna bagi Sang Raja. Ia merasa tidak berguna.
Sementara pohon Anggur juga menadi layu, ia berkata bahwa ia tampak jelek, tidak seperti pohon Mawar yang bermekaran dan segar. Bentuk dan wajahnya buruk sekali. Hal ini membuatnya depresi dan akhirnya menjadi layu.
Namun begitu, diantara sekian banyak tanaman… ternyata ada 1 tanaman yang menyenangkan hati sang raja. Tanaman ini begitu segar dengan daun-daunnya yang hijau. Tanaman ini tidak tinggi, tidak mempunyai batang dan akar yang kuat seperti pohon jati, tidak mempunyai buah seperti pohon Anggur dan tidak mempunyai bunga seindah pohon mawar. Tapi pohon ini tampak cantik kehijauan.
Sang Raja pun penasaran: “Wahai tanaman, engkau begitu cantik dan segar di antara banyak teman-teman kamu disini yang layu. Apa rahasia kamu?”
Tanaman itu pun berkata: “Paduka yang mulia, saya tidak mempunyai rahasia apa pun juga. Saya hanya tumbuh seperti layaknya sebuah tanaman yang Paduka mau lihat. Sebab dalam benak saya, semuanya adalah PILIHAN Paduka. Saya dipilih Paduka untuk tumbuh… ya… saya akan tumbuh menjadi diri saya sendiri.
Sebab di dalam benak saya, jika Paduka butuh Pohon Mawar, atau Pohon Pinus, atau Pohon Jati, Pasti Paduka akan menanam Pohon tersebut dan bukan diri saya. Jadi saya hanya bertumbuh menjadi diri saya sendiri. Dan saya terus mencoba mengembangkan kualitas terbaik yang ada dalam diri saya untuk saya persembahkan padamu Wahai Sang Raja.
Raja pun tersenyum dengan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar